MAKALAH
PLATFORM GOOGLE CLASSROOM
Dosen Pengampuh Dr, Andriyani, M.Si
Disusun
oleh:
Mukmin Amsidi : 2108050024
PROGRAM
STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
2022
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami penjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Platform GOOGLE CLASSROOM” Penulisan
makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampu.
Dalam Penulisan makalah ini kami
merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu, kritik dan saran dari
semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang membantu dalam
menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen kami yang telah memberikan
tugas dan petunjuk kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.
Kalabahi, 02 Desember
2022
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masala
C. Tujuan Penulisan
BAB II PENDAHULUAN
A. Deskripsi Google Classroom
B. Fungsi Google Classroom
C. Fitur-fitur Google Classroom
D. Penggunaan Google Classroom
E. Keunggulan dan Kekurangan Google Classroom
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan teknologi informasi
dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari
dan memperoleh informasi, tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio
visual dan elektronik, tetapi juga sumber informasi lainnya, salah satunya
melalui jaringan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak signifikan
dalam perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pendidikan
pada hakekatnya adalah sebuah proses komunikasi dan informasi dari pendidik
kepada peserta didik yang mengandung informasi pendidikan, yang memiliki unsur
pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyampai gagasan,
gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri. (Sains et al.,
2016).
Penggunaan teknologi saat ini
diharapkan menjadikan kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah tetapi sekarang
dilakukan secara daring memiliki tujuan menjadikan penyelenggaraan pembelajaran
lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu, pembelajaran dengan menggunakan
teknologi adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu dalam
kegiatan belajar mengajar. (Dewi & Afriansyah, 2022).
Dalam konteks pembelajaran secara online atau daring, siswa dapat berhubungan secara cepat dan langsung dengan teks, gambar, suara, data, dan video dua arah dengan bimbingan berlangsung antara pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran berbasis daring (online) dibutuhkan sebagai sarana atau alat pendukung proses pembelajaran. Salah satu media yang sering digunakan saat ini adalah aplikasi pada telepon genggam /handphone. Banyak berbagai maca media pembelajaran yang ada salah satunya adalah penggunaan media aplikasi Google Classroom yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk membantu mempermudah pembelajaran (Dewi & Afriansyah, 2022
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah dari makalah ini
adalah:
1. Apa yang
dimaksud dengan Platform Google
Classroom ?
2. Apa Fungsi dari Platform Google Classroom?
3. Apa saja
Fitur-fitur dari Platform Google
Classroom?
4. Bagaimana
penggunaan Platform Google
Classroom?
5. Apa Kelebihan
dan Kekurangan Platform Google Classroom?
C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui
Konsep Platform Google Classroom.
2. Mengetahui fungsi dari Platform Google Classroom
3. Mengetahui
fitur Platform Google Classroom
4. Mengetahui
penggunaan Platform Google
Classroom
5. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Platform EDMODO
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Platform Google Classroom
Google Classroom Diambil dari situs wikipedia,
Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah
suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang
lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan
dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa
kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google
Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12
Agustus 2014. Google Classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya
ruang kelas di dunia maya. Aplikasi ini membantu memudahkan guru dan siswa
dalam melaksanakan proses belajar dengan lebih mendalam dan tanpa kontak fisik
secara langsung dan lebih ramah terhadap lingkungan karena tidak lagi
menggunakan kertas dalam mengumpulkan tugasnya (Hapsari, 2019).
Berikut definisi dan pengertian Google Classroom
dari beberapa sumber buku:
1.
Menurut
Corbyn (2019), Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang
dikembangkan oleh google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan
pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.
2.
Menurut
Iskandar dkk (2020), Google Classroom adalah sebuah serambi pembelajaran yang
dapat diperuntukan terhadap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk
membantu menemukan jalan keluar atas kesulitan yang dialami dalam membuat
penugasan tanpa menggunakan kertas (paperless).
Maka
dapat diambil kesimpulan bawah Platform Google Classroom adalah sebuah fitur
pembelajaran dalam dunia maya dengan proses pembelajaran tanpa kertas
B.
Fungsi dan
Manfaat Platform Google Classroom
Google classroom memudahkan guru dan siswa dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara lebih mendalam. Hal ini
disebabkan karena baik siswa maupun guru dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan
tugas, dan berdiskusi tentang pelajaran di manapun tanpa terikat batas waktu
atau jam pelajaran. Menurut Pradana dan Harimurti (2017), beberapa fungsi dan
manfaat Google Classroom adalah sebagai berikut:
1. Kelas dapat disiapkan dengan mudah. Pengajar dapat menyiapkan kelas
dan mengundang siswa serta asisten pengajar. Kemudian di dalam aliran kelas,
mereka dapat berbagi informasi seperti tugas, pengumuman dan pertanyaan.
2. Menghemat waktu dan kertas. Pengajar dapat membuat kelas,
memberikan tugas, berkomunikasi dan melakukan pengelolaan, semuanya di satu
tempat.
3. Pengelolaan yang lebih baik. Siswa dapat melihat tugas di
halaman tugas, di aliran kelas maupun di kalender kelas. Semua materi otomatis
tersimpan dalam folder Google Drive.
4. Penyempurnaan komunikasi dan masukan. Pengajar dapat membuat tugas,
mengirim pengumuman dan memulai diskusi kelas secara langsung. Siswa dapat
berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi dalam aliran kelas
melalui email. Pengajar juga dapat melihat dengan cepat siapa saja yang sudah
dan belum menyelesaikan tugas, serta langsung memberikan nilai dan masukan
real-time.
5. Dapat digunakan dengan aplikasi yang
anda gunakan.
Kelas berfungsi dengan Google Document, Calender, Gmail, Drive dan
Formulir.
6. Aman dan terjangkau. Kelas disediakan secara gratis.
Kelas tidak berisi iklan dan tidak pernah menggunakan konten atau data siswa
untuk tujuan iklan.
C.
Fitur-fitur
yang terdapat di Platform Google Classrr
Google Classroom dirancang untuk membantu guru membuat
dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu
seperti kemampuan untuk membuat salinan Google dokumen secara otomatis bagi
setiap siswa.
Adapun beberapa fitur yang dimiliki
oleh Google Classroom adalah sebagai berikut :
1.
Assigmenments (tugas)
Penugasan disimpan dalam dokumen yang ada di Google
Drive siswa dengan guru, file di drive siswa dan kemudian diserahkan untuk
penilaian. Guru dapat memilih file yang kemudian dapat diperlakukan sebagai
template sehingga setiap siswa dapat mengedit salinannya sendiri dan kemudian
kembali ke nilai kelas.
2. Grading
(pengukuran)
Google Classroom mendukung banyak skema penilaian yang
berbeda. Guru memiliki pilihan untuk melampirkan file tugas sehingga siswa
dapat melihat, mengedit, atau mendapatkan salinan individu. Siswa dapat membuat
file dan kemudian menempelkannya ke tugas jika salinan file tidak dibuat oleh
guru. Guru memiliki pilihan untuk memantau kemajuan setiap siswa pada tugas di
mana mereka dapat memberi komentar dan edit. Mengembalikan tugas dapat dinilai
oleh guru dan dikembalikan dengan komentar agar siswa dapat merevisi tugas dan
masuk kembali. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali jika
guru mengembalikan tugas masuk.
3. Communication
(komunikasi)
Pengumuman dapat diposkan oleh guru ke arus
kelas yang dapat dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi dua arah
antara guru dan siswa. Siswa juga dapat memposting ke aliran kelas tapi tidak
akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh seorang guru dan dapat
dimoderasi. Beberapa jenis media dari produk Google seperti file video YouTube
dan Google Drive dapat dilampirkan ke pengumuman dan pos untuk berbagi konten.
Gmail juga menyediakan opsi email bagi guru untuk mengirim email ke satu atau
lebih siswa di Google Classroom. Kelas dapat diakses di website atau melalui
aplikasi seluler Android dan IOS Classroom.
4.
Time-Cost
(hemat waktu)
Guru dapat menambahkan siswa dengan
memberi siswa kode untuk mengikuti kelas. Guru yang mengelola beberapa kelas
dapat menggunakan kembali pengumuman, tugas, atau pertanyaan yang ada dari
kelas lain. Guru juga dapat berbagi tulisan di beberapa kelas dan arsip kelas untuk
kelas masa depan. Pekerjaan siswa, tugas, pertanyaan, nilai, komentar semua
dapat diatur oleh satu atau semua kelas, atau diurutkan menurut apa yang perlu
dikaji.
5.
Archive Course (arsip program)
Kelas
memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir masa jabatan atau
tahun. Saat kursus diarsipkan, situs tersebut dihapus dari beranda dan
ditempatkan di arsip kelas untuk membantu guru mempertahankan kelas mereka saat
ini. Ketika kursus diarsipkan, guru dan siswa dapat melihatnya, namun tidak
dapat melakukan perubahan apapun sampai dipulihkan.
6.
Mobile
Application (aplikasi dalam telepon genggam)
Aplikasi seluler Google kelas, yang
diperkenalkan pada bulan Januari 2015, tersedia untuk perangkat IOS dan
android. Aplikasi membiarkan pengguna mengambil foto dan menempelkannya ke
tugas mereka, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses offline.
D. Cara menggunakan Google Classroom
Saat pertama kali menggunakan Google Classroom,
terlebih dahulu harus masuk atau membuat akun google. Selanjutnya adalah
mencari produk Google Classroom tersebut melalui Pencarian Google. Setelah
masuk pada akun Google Classroom, kita dihadapakan pada tiga menu utama yaitu,
stream (aliran), classwork (aktivitas siswa), dan people (orang). Penjelasan
dari tiga menu utama tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Stream
adalah fasilitas google class untuk membuat pengumuman, mendiskusikan gagasan,
atau melihat aliran tugas, materi, quiz dari topik-topik yang diajarkan
guru.
2.
Classwork
digunakan guru untuk membuat soal tes, pretes, quiz, mengunggah materi, dan
mengadakan refleksi. Materi yang diunggah pada bilah classwork dapat berupa
file word, exel, powerpoint, pdf maupun video.
3.
People
digunakan untuk mengundang siswa dengan kode akses yang telah tersedia,
sedangkan untuk mengundang guru lain sebagai kolaborator cukup dengan
mengundang guru melalui email masing-masing.
Cara penggunaan Google Claassroom dapat dibagi
menjadi dua kelompok pengguna, yaitu:
a.
Penggunaan
untuk guru
Langkah-langkah yang
dilakukan oleh guru dalam menggunakan Google Classroom adalah:
1) Membuat
Kelas. Pertama, Login atau masuk ke aplikasi
Google Clasroom yang telah didownload atau buka di laman classroom.google.com.
Kedua, lalu pada layar akan muncul sejumlah pilihan, dibagian layar atas ada
menu classes page, kemudian klik Add lalu klik create class. Ketiga, isi
formulir tersebut, lalu klik create maka kelas berhasil kamu buat.
2) Mengundang
Siswa. Pertama, pilih kelas yang bakal
dibagikan. Kedua, lihat bagian kiri bawah judul kelas ada menu Kode Kelas, klik
kode tersebut. Setelah itu, kamu copy kode tersebut dan bagikan ke para
siswa.
3) Membuat
Tugas. Pertama pada menu klik Tugas Kelas,
dan pilih Tugas. Kemudian isi judul tugas beserta petunjuk pengerjaannya.
Apabila anda tidak menambahkan materi atau melampirkan file, kamu klik saja
menu Tambahkan. Setelah itu, masuk ke bagian setting lalu atur ketentuan tugas
seperti poin, dan batas waktu pengerjaan. Apabila semua sudah selesai, klik
Tugaskan.
4) Memposting
Materi. Pertama pada menu klik Tugas Kelas,
dan pilih Materi. Kemudian isi judul dan deskripsi materi tersebut. lalu klik
Tambahkan untuk melampirkan materi atau file dari link, file, google drive,
atau pun youtube. Kemudian masuk ke bagian setting dan atur mau ditujukan
kepada siapa saja materi dan topik tersebut.
5) Melihat tugas yang dikirim. Pada menu klik Tugas Kelas, dan
pilih atau klik Tugas. Kemudian pada menu tersebut akan ditampilkan detail
tugas, kemudian klik Diserahkan. Lalu akan muncul data atau file jawaban dari
siswa yang telah menyerahkan tugas. Setelah itu anda tinggal klik file
tersebut, dan lalu berikan penilaian atau tanggapan. Jika telah selesai, klik
menu atau tombol Kembalikan.
b.
Penggunaan
untuk siswa
Sedangkan
langkah-langkah yang dilakukan oleh siswa dalam menggunakan Google Classroom
adalah:
1)
Bergabung Kelas.
Pertama login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didownload
atau masuk ke laman classroom.google.com. lalu pilih tanda + yang berada di
atas sudut kanan dan pilih Gabung Kelas. Setelah itu, masukkan kode kelas yang
telah diberikan guru dan klik Gabung.
2)
Mengirim Tugas.
Pada menu klik Tugas Kelas, kemudian pilih tugas yang akan kamu kerjakan.
Setelah itu, bakal muncul detail tugas-tugas yang bisa dipilih, lalu klik Lihat
Pertanyaan untuk jawab pertanyaan. Kemudian kamu bakal diarahkan ke halaman
pertanyaan, kamu pun bisa menjawabnya pada kolom yang telah disediakan. Apabila
sudah selesai menjawab atau mengerjakan, klik Serahkan dan selesai.
E.
Kelebihan
dan Kekurangan Google Classroom
1. Kelebihan Google
Classroom
Kelebihan atau keunggulan Google Classroom adalah:
a) Mudah digunakan. Sangat mudah digunakan. Desain
Google Kelas sengaja menyederhanakan antarmuka instruksional dan opsi yang
digunakan untuk tugas pengiriman dan pelacakan, komunikasi dengan keseluruhan kursus
atau individu.
b) Menghemat waktu. Ruang kelas google dirancang untuk
menghemat waktu. Ini .mengintegrasikan dan mengoptimatisasi penggunaan aplikasi
google lainnya, termasuk dokumen, slide, dan spreadsheet, proses pemberian
distribusi dokumen, penilaian, penilaian formatif, dan umpan balik
disederhanakan.
c) Berbasis cloud. Google Classroom menghadirkan
teknologi yang lebih profesional dan otentik untuk digunakan dalam lingkungan
belajar karena aplikasi google mewakili sebagian besar alat komunikasi perusahaan
berbasis cloud yang digunakan diseluruh angkatan kerja profesional.
d) Fleksibel. Aplikasi ini mudah diakses dan
dapat digunakan oleh instruktur dan peserta didik di lingkungan belajar tatap
muka dan lingkungan online sepenuhnya. Hal ini memungkinkan para pendidik untuk
mengeksplorasi dan memengaruhi metode pembelajaran yang dibalik lebih mudah
serta mengotomatisasi dan mengatur distribusi dan pengumpulan tugas dan
komunikasi dalam beberapa milis instruksional.
e) Gratis. google kelas sendiri sudah dapat
digunakan oleh siapapun untuk membuka kelas di google kelas asalkan memiliki
akun gmail dan bersifat gratis. Selain itu dapat mengakses semua aplikasi
lainnya, seperti Drive, Document, Spreadsheets, Slides, dll. Cukup mendaftar ke
akun google.
f) Ramah
seluler. Google Classroom dirancang agar
responsif. Mudah digunakan pada perangkat mobile manapun. Akses mobile ke
materi pembelajaran yang menarik dan mudah untuk berinteraksi sangat penting
dalam lingkungan belajar terhubung web saat ini.
2. Kekurangan
Google Classroom
Kekurangan
atau kelemahan Google Classroom adalah:
1. Google
Classroom yang berbasis web mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk
terkoneksi dengan internet sehingga apabila daerah dengan koneksi internet yang
tidak mumpuni tentu akan kesulitan untuk mengaksesnya.
2. Pembelajaran
yang dilakukan jadi bersifat individul sehingga mengurangi pembelajaran sosial
peserta didik.
3. Apabila
peserta didik tidak kritis dan terjadi kesalahan materi akan berdampak ke
pengetahuannya.
4. Kurangnya
interaksi antara pendidik dan peserta didik atau bahkan antar peserta didik
sehingga memperlambat terbentuknya nilai dalam proses belajar mengajar.
BAB
I
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Platform
Google Classroom adalah sebuah fitur pembelajaran dalam dunia maya dengan proses
pembelajaran tanpa kertas
2.
Google
classroom memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar secara lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena baik siswa maupun
guru dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, dan berdiskusi tentang
pelajaran di manapun tanpa terikat batas waktu atau jam pelajaran.
3.
Adapun fitur-fitur dalah tugas,
pengukuran, hemat waktu, arsip program, dan apliaksi dalam telepon genggam
4.
Cara menggunakannya sangat simple
ada fitur untuk guru dan siswa
B.
Saran
Semoga
makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya
laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun orang
yang membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan
kata-kata yang kurang berkenan dan penulis memohon kritik dan saran yang
membangun demi perbaikan di masa depan.
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022).
Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun
Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),
39–52. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1580
Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Aplikasi Google
Classroom Dalam Pembelajaran Matematka Tipe Think Pair Share di Smkn 3
Banjarmasin. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) Prodi
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 12 Oktober,
153–161. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/924/0
Riadi, Muchlisin. (2021). Google Classroom - Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Cara Penggunaan. Diakses pada 1/12/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2021/10/google-classroom.html
Sains, F., Katolik, U., & Charitas, M. (2016).
Analysis of Factors Affecting the Use of Google Classroom to Support Lectures
Andri Wijaya. International Conference on Information Technology and
Engineering Application, February, 61–68.
0 Reviews :
Posting Komentar